[1] Informasi Seputar PAK

Artikel ini akan diperbarui secara berkala (kiriman yang berbeda) dengan informasi terkait dengan pengamatan terhadap jurnal/konferensi ilmiah baik nasional maupun internasional. Beberapa dokumen yang menarik terkait hal tersebut:

  1. Konferensi Internasional Meragukan yang Diselenggarakan oleh Panitia Indonesia
  2. Petunjuk Mencari Jurnal Internasional yang Baik
  3. Jurnal Internasional Meragukan : JOCPR
  4. Jurnal Internasional Meragukan : Archive of Business Research
  5. Jurnal Internasional Meragukan : IJOESE
Semoga bermanfaat.
Posted in Uncategorized | Leave a comment

Kerjasama antara Panitia Seminar dengan Penerbit Jurnal

Sehubungan dengan informasi tentang jurnal di lingkungan penerbit (publisher) Trans Tech dan semakin banyak penyelenggara konferensi internasional (termasuk di Indonesia) yang bekerja sama dengan Trans Tech atau penerbit lainnya maka perlu diperhatikan bahwa pada:
Butir 13. 6 di halaman 17 Pedoman Operasional 2009 tercantum:
Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Publikasi Jurnal dari Prosiding Seminar

Publisher TRANS TECH atau Scientific.net mempunyai 17 Jurnal yang diantaranya Applied Mechanics Materials , Advanced Materials Research dan Materials Science Forum yang diklaim terindeks di Scopus. Namun, ternyata banyak karya ilmiah berasal dari konferensi/seminar, dan ini sama saja dengan yang pernah terjadi di awal tahun 2000 yaitu beberapa nomor penerbitan jurnal nasional terakreditasi berisi semua paper yang sudah terseleksi pada seminar nasional. Sebagai contoh seminar di ICEMA 2016 yang dijanjikan semua paper akan diterbitkan di Materials Science Forum. Continue reading

Posted in General | Leave a comment

Pengamatan Dosen Universitas HAWAI (USA) tentang beberapa karya Ilmiah Dosen Indonesia di Jurnal Internasional

Permenpan-RB no 17 tahun 2013 mempunyai dampak besar dalam pengembangan karir dosen di Indonesia. Para dosen dari beberapa Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia berupaya mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal yang terindeks di scopus dan mempunyai SJR, tetapi meskipun terindeks dan mempunyai SJR di Scopus belum tentu semua jurnal tersebut adalah jurnal internasional yang bereputasi.
Seorang dosen, Profesor dari Department of Indo-Pacific Languages and Literatures University of Hawaiʻi at Mānoa mampu menulis dalam bahasa Indonesia dengan baik yang bidang studinya tentang Indonesia terutama mengenai budaya dan bahasa batak, mengevaluasi beberapa jurnal yaitu Journal of Language and Literature (JLL), International Journal of Academic Research (IJAR-Azerbaijan) dan Journal of Economics and Engineering (JEE). Disebutkan bahwa karya ilmiah di jurnal-jurnal tersebut tidak ada yang berasal dari Universitas terbaik di Indonesia, dan juga memenginformasikan nama seorang dosen dari institusi ternama di Indonesia sebagai anggota editorial boards.
Mengingat tulisan pada http://ipll.manoa.hawaii.edu/internal/documents/predatory-publishers/ menyangkut khususnya nama baik PT yang diambil sebagai contoh dan nama baik PT di Indonesia umumnya ,ada baiknya pimpinan PT proaktif memberikan pendapat dan pandangan mengenai hal tersebut .

Posted in General | Leave a comment

Informasi Penting dari DOAJ

Just a reminder that reapplications are open and that you must submit your reapplication(s) before the end of 2015. Failure to do so, will result in your journal being removed from DOAJ.
The reapplications are coming in fast. BioMed Central just submitted 220 in one go! Great work BMC.
We recently sent out a first reminder to 4680 accounts. Did you get yours? If not, let me know and add doaj.org to your email address book/your domain safelist.
Guidance on submitting your reapplications can be found here. If you have more than 11 journals in DOAJ, the process is slightly different. Get in touch and I will guide you through.

What does the green tick symbol next to some journals mean?

https://doaj.org/faq#thetick

The green tick (“The Tick”) is displayed against all journals that were accepted into DOAJ after March 2014 when DOAJ launched its new criteria for journals to be accepted into DOAJ. The new criteria require a higher level of compliance to best practices and publishing standards. Journals that do not have The Tick are in the process of reapplying under the new criteria.

A list of journals removed from DOAJ from 1st January 2014 : Click here.
Terdapat sebanyak 807 Jurnal yang sudah dikeluarkan dari daftar DOAJ, salah satunya adalah jurnal yang berasal dari Indonesia pada nomor urut 491.

Reapplications are open. Have you submitted yours yet?

Sumber:

https://doajournals.wordpress.com/2015/09/30/reapplications-are-open-have-you-submitted-yours-yet/

Posted in General | Leave a comment

Artikel Menarik terkait Jurnal Ilmiah

Berikut ini kami sampaikan dua artikel menarik yang terkait dengan publikasi ilmiah, yaitu:

  1. Whos Afraid of Peer Review
  2. The Dark Side of Publication

Semoga kedua artikel di atas dapat memberikan inspirasi dan manfaat untuk kita bersama.

Posted in Panduan PAK | Leave a comment

Jurnal IJAER

Pada tanggal 16 September 2015 ditemukan lagi pada Jurnal IJAER (International Journal of Applied Engineering Research) ISSN 0973-4562 Volume 10 number 12 dimana karya ilmiah ditampilkan dalam format satu kolom dan volume 10 number 13 ditampilkan dalam format dua kolom. Tampilan ini menunjukkan tidak adanya konsistensi dalam pengelolaan jurnal dan nampak sekali karya ilmiah tidak direview. Jumlah artikel di setiap volume melebihi 200 artikel, persamaan di dalam karya ilmiah menggunakan simbol sama dengan arti yang berbeda dan terdapat juga persamaan yang sangat fundamental sekali dan tidak layak untuk berada di jurnal yang terindeks di scimagojr. Berdasarkan fakta fakta yang ditemukan maka jurnal Jurnal IJAER (International Journal of Applied Engineering Research) ISSN 0973-4562 dari publisher RIP (Research India Publication) tidak diakui sebagai jurnal terindeks di scimagojr.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Ralat Terkait Jurnal TELKOMNIKA di Laman PAK

Sesuai dengan surat undangan Direktur Karier dan Kompetensi Dosen no 1552/E4.3/2015 tanggal 16 September 2015 maka pada tanggal 18 September 2015 telah dilakukan pertemuan dengan Pengelola Jurnal Telkomnika (Sdr Tole Sutikno, ST, MT). Dalam Kesempatan tersebut Tim PAK sudah menjelaskan permasalahan seperti yang diunggah pada laman tentang jurnal Telkomnika di laman pak.dikti.go.id tertanggal 4 Juni 2015 yang mengingatkan untuk mengelola jurnal Telkomnika lebih baik lagi. Pada tanggal 29 Juli 2015 diunggah bawa artikel artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Telkomnika ISSN 1993-6930 tidak dapat diakui sebagai karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi.
Continue reading

Posted in Pengumuman | Leave a comment

Informasi tentang Jurnal Telkomnika dan IJAER

Pada tanggal 4 Juni 2015 telah diunggah dilaman pak.dikti.go.id berita tentang Jurnal Telkomnika Telecommunication, computing dan Electronics and Control ISSN 1993-6930 yang termasuk di dalam daftar Scimagojr–Elsevier dan jurnal yang masuk dalam daftar Scimagojr dikatagorikan sebagai jurnal internasional bereputasi, dan Telkomnika juga adalah Jurnal nasional terakreditasi Dikti dengan peringkat A sejak tahun 2013. Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Tambahan Informasi tentang Jurnal

Jurnal Phinisi dari Kopertis Wilayah IX

Menulis karya ilmiah tetapi seolah olah sedang menulis skripsi, dalam salah satu karya ilmiah pada jurnal Phinisi disebutkan “adapun permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah merupakan…”
Continue reading

Posted in Panduan PAK | Leave a comment