Informasi tentang Jurnal Internasional

Jurnal yang diterbitkan oleh Center Promoting Ideas dan Canadian Center of Science and Education ( pernah diinformasikan sebelumnya di laman pak.dikti.go.id) termasuk dalam Jurnal internasional yang diragukan. Sebagai contohnya, lihat gambar sebagai berikut:

Continue reading

Posted in Panduan PAK | Leave a comment

Overlap Condition Journals

Bapak/Ibu dosen yth,

Beberapa perkembangan artikel di jurnal menunjukkan beberapa hal yang perlu mendapat masukan bapak/ibu .  Beberapa waktu lalu ditemukan terdapat  e-Journal  yang terindeks di scopus www.scimagojr.com  mempunyai SJR ( impact factor) namun  termasuk juga dalam daftar jurnal meragukan ( questionable/predatory journals) oleh Jeffrey Beall. Yang artinya ada beberapa jurnal yang dapat dianggap sebagai jurnal internasional  bereputasi namun disisi lain dianggap sebagai jurnal meragukan, dan suatu jurnal yang dengan dua kondisi berbeda ini sering disebut jurnal dengan  overlap condition. Untuk itu kami mengharapkan masukan dari Bapak/Ibu apakah jurnal seperti ini masih dapat dikatagorikan sebagai jurnal internasional bereputasi.

Continue reading

Posted in Panduan PAK, Pengumuman | Leave a comment

Informasi tentang Laman Acuan Jurnal Ilmiah

Sebagai informasi, Kami sampaikan beberapa laman yang sering diacu oleh jurnal ilmiah:
1. ISI Knowledge -Thomson Reuter (USA )
2. SCOPUS (Netherland), http://www.scimagojr.com
Continue reading

Posted in Panduan PAK | Leave a comment

Panduan Tentang Dokumen Usulan Kenaikan Jabatan/Pangkat Dosen

Untuk meningkatkan produktifitas dan efektifitas pemeriksaan dokumen usulan kenaikan jabatan/pangkat dosen (UKP), kami sangat mengharapkan agar dokumen usulan yang dikirimkan ke Dikti tersusun dengan baik dan sesuai aturan. Di dalam UKP dosen sering dijumpai dokumen usulan yang penyusunannya tidak beraturan, sehingga menyulitkan pemeriksaan. Berikut ini beberapa tampilan yang kiranya dapat membantu memberikan gambaran terkait hal ini.
Continue reading

Posted in Panduan PAK | Leave a comment

Jurnal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Kenaikan Pangkat/Jabatan Dosen

Kami informasikan kepada para dosen pengusul/calon pengusul kenaikan pangkat/jabatan akademik dosen, terkait jurnal palsu yang tidak boleh dipergunakan dalam usulan serta informasi tentang questionable journal yang perlu diketahui dan diwaspadai.
Continue reading

Posted in Panduan PAK | 32 Comments

Surat Edaran Tentang Usulan Penetapan Angka Kredit Dan Kenaikan Jabatan

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepegawaian dan aspek ketenagaan secara terintegrasi dan selaras dengan kebijakan pangkalan data perguruan tinggi (PDPT), Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal dan Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional telah melakukan penilaian terhadap usulan penetapan angka kredit dan kenaikan jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar dengan menggunakan Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit (SIMPAK) mulai pengusulan 1 Juli 2011, sebagaimana surat Direktur Pendidik dan Tenaga. Kependidikan Nomor 1037/E4.3/2011 tanggal 5 Mei 2011. Untuk memperlancar pelaksanaan SIMPAK secara Online melalui laman : pak.dikti.go.id, dengan ini kami sampaikan mekanisme pengusulan penilaian penetapan angka kredit, kenaikan jabatan, dan kenaikan panakat PNS dosen Lektor Kepala dan Guru Besar pada Perauruan Tinggi Negeri dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) melalui surat edaran yang dapat diunduh di halaman download laman ini.

Posted in Surat Edaran | Leave a comment

Pengumuman Tentang Usulan Kenaikan Pangkat

PENGUMUMAN

Merujuk kepada surat Direktur  Pendidik dan Tenaga Kependidikan No. 1037 /E4.3/2011 tanggal 5 Mei 2011 tentang Usul Kenaikan Pangkat/Jabatan (tatakelola layanan), dengan ini disampaikan beberapa kebijakan terkait dengan layanan kenaikan pangkat/jabatan dosen tetap dan rekap hasil tahapan penilaian periode Juni s.d Juli 2011 sebagai berikut.

  1. Seluruh informasi kenaikan pangkat/jabatan akademik dosen disampaikan melalui laman http://pak.dikti.go.id, dan untuk sementara rekap hasil tahapan penilaian di Ditjen Dikti dapat diakses melalui operator PAK Perguruan Tinggi/Kopertis masing-masing.
  2. Data rekap hasil yang disampaikan pada laman ini (menu “Hasil PAK”) tanggal 11 Agustus 2011 adalah data penilaian periode Juni s.d Juli 2011 yang data dasarnya tersedia di sistem PAK. Selain data tersebut, masih terdapat sejumlah data hasil penilaian yang diproses secara konvensional dan akan kami umumkan secepatnya.
  3. Seluruh proses lanjutan (misalnya melengkapi berkas atau lainnya) yang membutuhkan layanan langsung Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan harus disampaikan oleh Bagian Kepegawaian atau pejabat yang ditunjuk oleh Perguruan Tinggi /Kopertis, sedangkan layanan informasi individual akan dilayani secara online melalui menu “Pesan”.
  4. Seluruh usulan baru kenaikan pangkat/jabatan harus didaftarkan melalui laman ini dengan prosedur yang akan diatur tersendiri melalui edaran Biro Kepegawaian Kemdiknas.

 

Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
TTD
Supriadi Rustad
NIP. 19600104 198703 1 002

Posted in Pengumuman | 2 Comments